Selasa, Mei 20, 2008

Sepintas tentang "Blog"


Apa itu “blog” ? itu yg terlintas dipikiran kita saat mendengar orang menyebutnya .Beberapa waktu yg lalu sempat baca di “Kompas”…blog bisa diartikan kurang lebih adalah : Jurnal pribadi online. Kalau dipikir-pikir memang artinya seperti itu, coba bayangkan kita yg tidak tahu apa-apa tentang website (yg pembuatan menggunakan bahasa program yg rumit…) tiba2 diberi kemudahan untuk membuat web sendiri . formatnya memang sangat terbatas.Kita tinggal drag and drop, tinggal memilih theme yg ada…pilih setting profile sesuai kehendak kita…Bagi yg tiap hari didepan computer….hanya dalam hitungan menit kita bisa membuat : Journal (Blog) pribadi tersebut.
Bagi pribadi yg cukup kreatip,hobby menulis , punya kebiasaan traveling atau apapun yg routine dikerjakan bisa menuangkan semua ide kreatif di dalam blog.. bak suatu karya pribadi . Bisa juga menjadi suatu data base atau referensi bagi orang yg membutuhkan, tapi kalau mau blog ini hanya dinikmati secara terbatas (kelompok saja) atau mau dinikmati sendiri gak ada masalah….didalam setting blog tersebut disediakan pilihan. Mau dinikmati sendiri atau mau dipublikasikan ke seluruh jagad maya (diseluruh dunia men!!!) semua bisa diatur.
Memberi apa yg kita miliki (suatu ilmu atau pengalaman )pada orang lain sangat dianjurkan didalam agama, oleh sebab itu banyak yg bisa kita lakukan dalam sebuah bog…tuangkan semua pengalaman pribadi,tulisan yg bermanfaat atau foto2 koleksi apapun (satwa,flora dll).Dengan mempublikasikan blog tersebut untuk semua orang maka ketika orang mencari sesuatu lewat search engine semacam “google” dan blog anda berisi apa yg mereka cari..disitulah apa yg anda masukkan dalam sebuah blog benar2 bermanfaat buat orang lain.
Google, Yahoo. dua perusahaan penyedia layanan email gratis dan search engine yg cukup terkenal ini pun juga menyediakan layanan blog gratis…..Selain Multiply dan Friendster.
Untuk supaya tidak disebut “gatek”………….tak ada salahnya kita mengenal lebih dalam apa itu “Blog” yg mulai jadi trend didunia internet.
Salam