Sabtu, Mei 10, 2008

Kuliner Bandung 1

Tempat makan dengan menu tradisional
Makanan khas tradisional?seperti didesa?
Dengan tempat makan memakai piring seng dan segala penyajian menggunakan kuali,keramba dan ada tungku masak pakai bahan bakar kayu.?
Itulah yg sudah jarang kita jumpai apalagi sejak kita tinggal dikota besar seperti Jakarta….menu dengan lauk ikan asin bakar,cumi asin juga dibakar dengan nasi liwet yg dimasak langsung dengan kayu bakar plus lalapan dan sambel aneka macam ala sunda…wah…wah benar2 suasana maka jaman dulu (waktu masih kere/kata susan). Walau sekarang mungkin masih bisa kita jumpai dipedesaan..atau dipinggiran kota….tapi jangan harap ditemui direstauran.
Tapi kalau ingin menikmati makanan nostalgia jaman masih susah dulu, semuanya serba ndeso dan tradisional….kini bisa dicari di Bandung. Tempatnya tidak jauh dari Gedung Sate…jangan heran kalau saat anda disana untuk makan harus ngantri,apa lagi pas jam makan siang.Semuanya serba ambil sendiri…alias prasmanan. Walau makanan nya khas makanan orang susah,tapi yg datang sebagian besar bermobil …wajah-wajah yg makan juga ada yg bener2 ndeso tapi ada juga wajah orang kaya..suasananya kayak pasar,ramai dan sebagian besar makannya tidak pakai sendok…pakai ceker masing2 (tangan)
Minuman yg free adalah teh anget pakai mug dari seng kayak jaman dulu,tapi kalau ingin cendol atau dawet juga tersedia.
Sayang sekali tidak bisa menceritakan semua yg unik dari tempat makan ini….yg enak sebaiknya datang saja sendiri kesono……..ke Warung “Nasi Bancakan”
Salam…

Tidak ada komentar: