Minggu, April 06, 2008

Tehnologi Wifi atau Wireless connection memakai jaringan 3G tidak selalu memuaskan

Ini pengalaman pribadi,sebagai orang awam mengetahui system connection internet saat ini yg cukup bervariasi sangatlah menyenangkan.Kita sudah tidak lagi tergantung dengan kabel telephone (walau kecepannyanya sudah ditingkat kan beberapa kali lipat dengan tehnologi ADSL).Kita sudah tidak terpaku lagi dikursi kantor untuk berkomunikasi data atau berselancar didunia maya…sekarang tiap laptop sudah dilengkapi modem dan card Ethernet maupun system wifi.
Pendek kata kemanapun kita pergi mau ngimail maupun browsing sudah tidak lagi jadi kendala…banyak pilihan untuk memanfaatkan system wireless.Dijaringan cdma kita bisa juga pakai produk Esia jenis Wimode..walau kecepatan transmisi datanya hanya dua kali kecepatan kabel telephone rumah (112kbps) tapi lumayan…karena itungan pulsanyapun berdasarkan time base.Yang akhir-akhir ini cukup gencar ditawarkan adalah koneksi data menggunangan jaringan 3G, mulai dari Telkomsel,XL maupun Indosat IM2 ..mereka menawarkan dengan harga yg cukup kompetitif.

Masalahnya….walau semua feature system komunikasi diatas sudah nancap di Laptop kita ,jangan senang dulu. Hotspot untuk komunikasi dengan wifi belumlah merakyat sampai kepelosok…jadi harus cari informasi dulu didaerah mana saja kita bisa menemukan daerah hotspot. Seandainya sudah menemukan area hotspotpun sinyal yg dipancarkan kadang tidak terlalu kuat .Demikian juga kalau menggunakan jaringan 3G atau 3,5G….walau operator selular mengklaim jaringan 3G mereka bisa mentransmisikan data sampai 5mbps….tetep saja hanya area tertentu yg bisa menyediakan transmisi 3G…kalau tidak kita hanya bisa mendapat sinyal GPRS saja yg nota bene hanya bisa untuk transmisi data yg lebih lambat dari 3G. Demikian juga untuk jaringan cdma…sama saja,kalau anda berada didaerah blankspot jangan berharap mendapat sinyal transmisi yg cukup kuat……..

Nah, sedikit mengenal system transmisi wireless tidak ada salahnya agar kita bisa memaklumi kalau suatu ketika tidak mendapat kecepatan data yg cukup saat melakukan koneksi internet..maka itu kemungkinan diakibatkan lemahnya sinyal yg diterima system wireless kita.