Sabtu, November 08, 2008

Ho Chi Minh bukan dalam mimpi


Ho Chi Minh ?Bukan mimpi nih?
 Itulah kesan saya sebagai orang udik yg baru kali ini menginjakkan kaki di negara Vietnam dan dikota paling selatan negara itu yg bernama Ho Chi Minh (dulu sebelum perang bernama Saigon). Tak pernah saya bermimpi suatu saat akan berkunjung kenegara yg saat ini menjadi buah bibir negara lain karena pertumbuhannya industrinya yg menakjubkan....bak perawan yg menjadi inceran banyak negara yg ingin berinvestasi.
    Kesan negara yg masih kurang maju akan sirna kalau kita sudah berkeliling kota Ho Chi Minh, karena segala kemajuan yg kita lihat dinegara lain saat ini sedang terjadi juga disini. Gedung2 yg menjulang tinggi dan Hotel-hotel besar mulai membuka cabang disini..
Bandara Tan Son Nhat sebagai pintu gerbang pertama memasuki Ho Chi Minh akan menyambut kedatangan anda dengan segala kemegahannya dan suasanya yg masih benar-benar baru. Walau tidak sebesar Changi di Singapore tapi sistim yg dipakai dibandara ini tidak ketinggalan jaman dibanding bandara-bandara di Asia Tenggara atau Asean.
   Saya sangat terkesan ketika mendarat sampai keluar bandara begitu cepat...tak ada hambatan sedikitpun walau tetap harus melewati alat deteksi bagasi...petugasnya cukup ramah dan tidak ada kesan angker.
   Hambatan akan kita jumpai kalau kita keluar bandara tidak ada yg jemput, ngomongnya susah bo.....sama deh dengan bandara Shanghai...kalau naik taxi harus punya trik, pakai bahasa nenek moyang atau harus menyiapkan tulisan yg menunjukkan tempat tujuan kita.
(bersambung)


Tidak ada komentar: